DUSMAR
Dosen Tetap Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UNRIKA Batam
PENDAHULUAN
Globalisasi telah menempatkan manusia pada dunia tanpa batas ( borderless word ). Globalisasi ditandai dengan adanya kemajuan kemajuan penting dalam bidang ICT ( Information and commnunication Technology ). Globalisasi membuat kita memperoleh berbagai kemudahan dalam memperoleh informasi, sehingga jika tidak kita pahami akan membuat generasi muda kita akan menjadi sasaran sebagai dampak negative globalisasi, hal ini bisa dilihat dengan semakin lunturnya nilai nilai norma kehidupan dikalangan generasi mudaKonsep pendidikan IPS pertama sekali masuk dalam dunia persekolahan Indonesia terjadi pada tahuan 1972 – 1973 yakni dalam kurikulum Proyek Perintis Sekolah Pembangunan ( PPSP ) IKIP Bandung, Dalam kurikulum SD 8 PPSP digunakan dengan istilah “ Pendidikan Kewarganegaraan /Studi social “, sebagai mata pelajaran social terpadu
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) adalah sejumlah konsep mata pelajaran sosial dan ilmu lainnya dipadukan berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan yang bertujuan membahas masalah sosial atau bermasyarakat untuk mencapai tujuan tujuan khusus pendidikan melalui program pengajaran IPS pada tingkat sekolah. IPS adalah bidang studi yang mempelajari , menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan ( Sardiyo 2009 ) Dalam rangka menghadapi era yang serba tekhnologi ini Pembelajaran IPS akan semakin tenggelam sebagai dampak globalisasi , hal ini dikarenakan ketika siswa tidak cocok lagi dengan cara penyampaian materi yang dilakukan guru di Sekolah Disisi lain guru –guru IPS di sekolah amatlah susah dalam menempatkan diri dalam era globalisasi ini, salah satu factor yang menyebabkan begitu sulitnya untuk beradaptasi adalah dengan kemampuan SDM guru yang amat minim dalam penguasaan ICT ( Information and commnunication Technology ). Saat ini dunia sedang berkembang dengan pesatnya, sehingga orang yang berkata “ itu tidak bisa dikerjakan” , biasanya akan dikejutkan oleh orang lain yang sedang mengerjakannya. Pandangan serupa juga dikemukakan oleh seorang penulis Danie Ronnie M, ( 2005 ), hakikat perubahan adalah bagaimana kita mengawalinya dengan memulai dari diri kita sendiri. Bila kita paparkan secara ringkas bagaimana usaha kita untuk selalu memperbaiki diri menambah pegetahuan dan memperluas wawasan terus belajar dan menjadi pencinta ilmu. Sebab salah satu usaha yang akan kita lakukan untuk membuat pembelajaran IPS tetap eksis dan menarik bagi siswa dengan jalan meningkatkan kemampuan para guru IPS di sekolah