Wakil Rektor II

RAHMAN HASIBUAN,SE, M.SI

RAHMAN HASIBUAN,SE, M.SI

Dia selalu berpenampilan rapi dan dikenal sangat ramah kepada siapa saja terutama kepada Civitas Akademika Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) Batam, sehingga pada tahun 2008 ia mendapat penghargaan sebagai dosen favorit versi media Suara Mahasiswa (Suma). Rahman lahir di Rasau Sumatera Utara 5 September 1965. Tempat kelahirannya berbatasan dengan dengan Riau dan berbatasan dengan  Kabupaten Labuhan Batu dengan Tapanuli Selatan. Desa tersebut dari dahulu hingga sekarang menghasilkan karet dan sawit  yang menjadi primadona penghasilan masyarakat.

Pada tahun 1980  ia lulus Sekolah Dasar Negeri (SDN)  Rasau, tahun 1982 lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Rantau Prapat (Sumut), tahun 1985 Lulus Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Negeri 1 Rantau Prapat, Tahun 1993 Lulus Sarjana Strata Satu (S1) Universitas Ibnu Khaldun Bogor Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen dan Tahun 2010 Lulus Magister Sciens (S2) pada Universitas Batam Prodi Manajemen Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia.

Rahman Hasibuan, selama menjadi mahasiswa aktif mengikuti organisasi kemahasiswaan baik organisasi di tingkat senat mahasiswa maupun organisasi Badan Eksekuti Mahasiswa (BEM) dan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).  Dalam mengikuti aktivitas organisasi tersebut sangat banyak ilmu dan pengetahuan serta pengalaman yang dapat diambil baik dari segi negatifnya maupun dari segi positifnya.

Setelah lulus S1 tahun 1993 ia langsung bekerja pada Konsultan di Jakarta dari tahun 1993 sampai 1998 yang berkantor Jl. Sudirman Jakarta. Pada tahun 1995 melangsungkan pernikahan dengan seorang gadis pujaan hati yang berasal dari Kota Cirebon yang bernama Arnesih, S.Ag tempat pernikahan di Kota Depok Jawa Barat,.

Istri tercinta yang juga adik kelas Rahman Hasibuan di Universitas IBN Khaldun Bogor, perjuangan demi perjuangan dalam mengarungi bahtera rumah tangga menurutnya dapat ditempuh dengan ketabahan dan keuletan sambil memanjatkan doa kepada Allah SWT, kiranya dapat diberikan kemudahan-kemudahan dalam menempuh hidup yang penuh tantangan dan cobaan.

Tahun 1998 Rahman pindah ke Batam dan  bekerja di STIE dan STT Batam di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Batam,  sekarang  disebut dengan Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) Batam. Jabatannya kini adalah pembantu Ketua II/ Wakil Rektor II bidang administrasi dan keuangan dan tenaga pengajar (Dosen) sampai sekarang.

Rahman Hasibuan, selama menjadi dosen, telah memperoleh jabatan pangkat funsional : Asisten Ahli (2007) dan Lektor (2012). Keluarga Besar Rahman Hasibuan, SE, M.Si – 1. Istri – Dra. Arnesih,MM – 2. Anak – Rifky Mahodum Hasibuan (laki-laki)  dan Ainiyah Rahman Hasibuan (perempuan). ***