Universitas Riau Kepulauan Penelitian HUBUNGAN KARAKTERISTIK INTERNAL EKSTERNAL DAN PERSEPSI DENGAN KEPUASAN PENDENGAR TERHADAP PROGRAM TALKSHOW DI RRI BATAM

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INTERNAL EKSTERNAL DAN PERSEPSI DENGAN KEPUASAN PENDENGAR TERHADAP PROGRAM TALKSHOW DI RRI BATAM

Dewi Anggrayni

Dosen Tetap Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan Batam

 

ABSTRAK

A small medium micro  enterprises  is the most resistant to the economic crisis as a small business is able to survive in the mid business high competition . In the era of free trade Small Medium Enterprises (SMEs) into alternative buffer belt of the nation’s economy. In a free market opens  a challenge and an opportunity that is very promising for the development of SMEs in Batam. As a business unit, SMEs in view of need to increase the capacity and competitiveness of SMEs fellow in Batam as well as in other areas. Positive competition among SMEs will encourage owners of capital to innovate and inculcate product shares towards business opportunities that allows rapid turn-around of their money back. Product quality challenges ahead in order to compete with foreign products which entering the country.

In business development, promotion is an effective tool for introducing the product. Further interest in the promotional products market is done will be the target for Entrepreneurs. So it is important for business owners are to choose the right promotional media. Radio is one of the effective promotional tools. In the development of SMEs, selecting a local radio as a promotional tool which effective and affordable. Radio broadcasting as a frequent media interface in the everyday life (Prayudha, 2004).

Radio is expected to not only provide entertainment, but also can provide information that can be received and used the audience for productive activities, while enhancing public knowledge, so that by itself is expected to be more critical of community development program. This is increasingly important in line with the more intense attempts utilizing radio as a means of communication and media development in Indonesia.

Radio program not merely convey information, but can be interesting, even indirectly to direct the behavior of the audience. Therefore, the radio can be used as promotional tools that play a role in improving public services. With the assistance of an interesting narrative advertisement or promotion of the product in the form of talk shows, SMEs as businesses will benefit by using the radio as a promotional tool. When acting as a resource whose role is to provide information to the public services, SMEs must be able to meet the needs of listeners, so the impact on the listener satisfaction for SMEs services. Radio through specific programming also serves as a place to collect and convey the needs of the market for the SMEs’ products.

 

 

Latar Belakang Penelitian

Pendahuluan

Usaha kecil menengah mikro adalah usaha yang paling tahan terhadap krisis ekonomi karena usaha kecil ini mampu bertahan di tengah-tengah lajunganya persaingan bisnis. Pada era perdagangan bebas Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadi altenatif sabuk penyangga perekonomian bangsa. Di bukanya pasar  bebas menjadi tantangan sekaligus peluang yang sangat menjanjikan untuk pengembangan UKM di Batam. Sebagai unit usaha, UKM di pandang perlu meningkatkan kapasitas dan daya saing usaha sesama UKM yang ada di Batam maupun di daerah-daerah lain. Persaingan yang positif di antara UKM akan menggairahkan pemilik modal untuk melakukan inovasi prodok maupun menanamkan sahamnya kepada peluang-peluang usaha yang memungkinkan cepatnya kembali perputaran uang mereka. Mutu produk menjadi tantangan kedepan agar mampu bersaing dengan produk-produk asing yang masuk ke tanah air.

Dalam pengembangan usaha, promosi merupakan alat yang efektif untuk memperkenalkan produk. Selanjutnya ketertarikan pasar atas promosi produk yang dilakukan akan menjadi target bagi Pengusaha. Sehingga penting bagi pemilik usaha untuk memilih media promosi yang tepat. Radio adalah salah satu alat promosi yang efektif. Dalam pengembangan UKM, memilih radio lokal sebagai alat promosi selain efektif dan terjangkau. Penyiaran radio sebagai media sering menjadi alat penghubung dalam kehidupan sehari-hari (Prayudha, 2004).

Radio diharapkan tidak hanya menyajikan hiburan, tetapi juga dapat menyediakan informasi-informasi yang dapat diterima dan dimanfaatkan khalayaknya untuk kegiatan yang produktif, sekaligus meningkatkan pengetahuan khalayak, sehingga dengan sendirinya masyarakat diharapkan lebih kritis terhadap program-program pembangunan. Hal ini semakin penting sejalan dengan semakin intensifnya upaya memanfaatkan radio sebagai alat ataupun media komunikasi pembangunan di Indonesia.

Penyiaran radio bisa dijadikan sebagai kekuatan utama media untuk hubungan kepentingan yang baik maupun kepentingan yang buruk bagi masyarakat. Acara-acara yang ditawarkan oleh penyiaran radio biasanya mencerminkan “need and wants”  yang bernilai bagi masyarakat. Penyiaran radio terus-menerus dalam menyiarkan program yang menjadi perhatian pendengar akan menimbulkan nilai dan hasrat bagi kepentingan masyarakat yang berarti ada kesesuaian antara harapan pendengar dan stasiun penyiaran radio. Penyiaran radio menjadi alat penting sebagai media periklanan.

Setiap orang yang berkecimpung dalam dunia radio siaran, seperti penyiar, wartawan radio dan komentator radio atau yang menggunakan radio siaran sebagai sarana untuk menyebarkan informasinya dan melancarkan persuasifnya seperti pemimpin partai politik, kepala jawatan, pengusaha dan sebagainya, perlu memahami ilmu komunikasi (Prayudha, 2004).

Program siaran radiobukan hanya sekedar menyampaikan informasi, tetapi program ini dapat menarik minat, bahkan secara tidak langsung dapat mengarahkan perilaku khalayaknya. Oleh karena itu radio dapat dijadikan alat promosi yang berperan dalam meningkatkan pelayanan publik. Dengan dibantu oleh narasi iklan yang menarik ataupun promosi dalam bentuk talkshow produk,  UKM sebagai pelaku usaha akan diuntungkan dengan menjadikan radio sebagai alat promosinya. Saat bertindak sebagai narasumber yang  berperan untuk memberikan pelayanan jasa informasi kepada publik, UKM harus mampu memenuhi kebutuhan pendengar, sehingga berdampak pada kepuasan pendengar terhadap pelayanan jasa UKM. Radio melalui program siaran tertentu juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung dan menyampaikan kebutuhan pasar akan produk-produk UKM.

RRI Batam merupakan salah satu radio lokal yang menyiarkan program Talkshow UKM pada setiap hari sabtu pukul 10:00 WIB. Penyiaran dialog interaktif UKM yang ada di Batam ini merupakan bentuk publikasi yang bertujuan untuk mempromosikan produk-produk yang dihasilkan UKM Batam.  Selain siaran lokal pada waktu-waktu tertentu RRI Batam juga melakukan publikasi Nasional dengan program siaran juga gelombang yang berbeda.

Related Post

ANALISIS LANJUT TENTANG TARGET MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS (MDG’s) BERDASARKAN DATA SURVEY DEMOGRAFI KESEHATAN INDONESIA (SDKI) TAHUN 2007 DI PROVINSI KEPULAUAN RIAUANALISIS LANJUT TENTANG TARGET MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS (MDG’s) BERDASARKAN DATA SURVEY DEMOGRAFI KESEHATAN INDONESIA (SDKI) TAHUN 2007 DI PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Ramon Zamora (Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan UNRIKA Batam) Deklarasi Millennium yang menghasilkan tujuan pembangunan milenium atau Millenium Development Goals (MDGs), intinya peningkatan kerjasama global untuk mencapai perbaikan kehidupan sosial ekonomi