LPPM UNRIKA GELAR WORKSHOP CARA MEMBUAT JURNAL SKIM DIKTI DAN IBM (IPTEK BAGI MASYARAKAT)

RASIO.CO, Batam-Wakil Rektor I, Universitas Riau Kepulauan ( UNRIKA), Ade P Nasution mengatakan, dosen diwajibkan membuat jurnal. Jurnal ini berguna bagi dosen itu sendiri khusunya menyangkut jenjang karir. Pihak Kementerian Riset dan Teknologi mewajibkan dosen membuat jurnal yang mengacu pada peraturan-perundangan bidang pendidikan.

Oleh sebab itu, dirasakan perlu menambah pengetahun bagi dosen menyangkut penulisan jurnal, baik jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal terakreditasi internasional. “ Jadi manfaat menulis jurnal bagi dosen itu penting apalagi dikaitkan dengan sertifikasi dosen,” kata Ade P Nasution dihadapan 63 dosen dari berbagai program studi di Universitas Riau Kepulauan yang mengikuti Workshop Penulisan Jurnal di Aula Mini, Unrika, Selasa, 28/02/2017.

Workshop dan klinik proposal skim Dikti menghadirkan pakar bidang Jurnal Ir. Eko Nurmianto, M.Eng Sc, DERT dilaksanakan  tanggal 28 Februari sampai 01 Maret 2017 ini merupakan stimulus bagi para dosen  Unrika untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah. Ade-panggilan akrab Wakil Rektor I itu- mengemukakan, sebenarnya soal kewajiban membuat jurnal itu termaktub dalam Pasal 60 Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen yang berbunyi” Dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, dosen berkewajiban diantaranya melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat itu salah satuya adalah penelitian yang kelak berguna bagi masyarakat yang merupakan perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)  Universitas Riau Kepulauan, Ramses mengatakan, workshop seperti ini akan terus digelar, sebab belum semua dosen yang bisa hadir mengikuti workshop kali ini. “ Mudah-mudahan workshop ini bermanfaat,” kata Ramses.

Eko Nurmianto diakhir workshop mengatakan, bagi dosen yang akan menulis jurnal, maka wajib banyak membaca. Membaca itu –kata Nurmianto-membuka cakrawala dan nuansa, karena dari membaca akan timbul ide-ide, yang kemudian ide itu diimplementasikan dalam bentuk tulisan karya ilmiah seperti jurnal. ” Mudah sebenarnya,” kata Nurmianto yang periang itu.

ALLE KATA @www.rasio.co

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *